photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png SELAMAT DATANG DI WEBSITE CV. GLOBAL KREASI TEKNOLOGI  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png SARAN, KRITIK DAN MASUKAN YANG DAPAT MENJADIKAN PELAYANAN CV. GLOBAL KREASI TEKNOLOGI LEBIH BAIK SENANTIASA KAMI NANTIKAN, SILAHKAN HUBUNGI FORM KONTAK ATAU VIA TELPON KE : 081 573 063 493  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png DAPATKAN INFORMASI CV. GLOBAL KREASI TEKNOLOGI DENGAN MENGHUBUNGI : 081 573 063 493  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png KAMI MENERIMA PEMASANGAN IKLAN KOMERSIAL PADA WEBSITE INI DENGAN TARIF MURAH  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png PERLU KONSULTASI TENTANG BIMBINGAN MANAJEMEN KOPERASI, AKUNTANSI KOPERASI, OPERASIONAL KSP DAN USP, SISTEM PENGELOLAAN KONVENSIONAL DAN SYARIAH, PENDAMPINGAN ADVOKASI ( MASALAH HUKUM ), PENDIDIKAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN SEGALA BENTUK PENDAMPINGAN KOPERASI DAN UKM SILAHKAN HUB: 081 573 063 493  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png JASA PEMBUATAN WEBSITE UNTUK KOPERASI DAN UKM DENGAN BIAYA DESAIN, DOMAIN, HOSTING HARGA MURAH.....?! HUB : 081 573 063 493 DIJAMIN EFEKTIF DAN EFISIEN  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png JASA AUDIT EXTERNAL KOPERASI DAN UKM BAIK RUTIN MAUPUN TENPORER UNTUK MEMERIKSA KONDISI KEUANGAN INTERNAL KOPERASI DAN UKM SECARA REAL HUB : 081 573 063 493  photo 3547255b-5982-4ff2-b2a3-1dacf1bba131_zpsa7d6d1f5.png
18 Okt 2010

PENANGANAN PIUTANG YANG TELAH JATUH TEMPO


Anda siapa…..? Apakah  seseorang yang mendapat mandat  atau kepercayaan dalam penanganan masalah piutang perusahaan anda…? Apakah anda seseorang yang bertangunyjawab penuh terhadap permasalahan piutang perusahaan anda…? Atau bahkan anda sendiri yang dipusingkan oleh permasalahan piutang anda….?

Ok… sebaiknya kita sama-sama memperhatikan artikel ini  untuk dipecahkan bersama…

Urusan Piutang adalah sebuah permasalahan yang acap kali menjadikan sebuah dilematis  yang teramat sangat sulit dicarikan jalan keluarnya, dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa  menyelesaikan permasalahan ini dengan baik, dan tak jarang urusan hutang piutang berakhir dengan perkara di pengadilan, berujung permusuhan, pertumpahan darah, yang paling ekstrim adalah ritual perdukunan,  bahkan hal terburuk adalah pengeksekusian sebuah jaminan hutang. Jika anda adalah orang yang sanggup menyelesaikan urusan piutang dengan baik, maka anda patut berbangga hati… karena jarang orang yang mampu seperti anda.


Definisi Piutang sendiri adalah kebalikan dari kata hutang, yang artinya piutang adalah harta atau kekayaan atau asset kita yang dipinjamkan sementara kepada pihak lain, dan dalam waktu yang di sepakati akan kembali kepada kita baik secara bertahap (dicicil) atau sekaligus tergantung kesepakatan. Piutang sendiri bisa dalam berbentuk:

1.       Uang Tunai  atau nilai mata uang,  pengembaliannya  juga berbentuk nilai Mata Uang
2.       Benda berharga atau benda yang dapat diperjualbelikan, pengembaliannya dengan bentuk Nilai Uang

3.       Benda berharga atau benda yang dapat diperjualbelikan, pengembaliannya dengan bentuk benda itu sendiri dengan penambahan nilai tertentu.

4.       Jasa atau nilai intelektual atau tenaga, pengembaliannya bias berupa nialai mata uang atau barang tertentu, sesuai kesepakatan awal.

Definisi Jatuh tempo sendiri adalah tanggal atau waktu dimana jangka waktu terakhir dalam pelunasan piutang,  yang tentunya telah disepakati pada awal perjanjian.

PENANGANAN PIUTANG YANG TELAH JATUH TEMPO


Apabila  DEBITUR  (orang yang menerima titipan piutang kita) membayar dengan segala konsekwensinya sebelum tanggal jatuh tempo berakhir, kayaknya itu bukan sebuah masalah, bahkan kita memberikan apresiasi yang luar biasa. Akan tetapi bagaimana kalau pengembalian piutang kepada kita melebihi batas waktu yang ditentukan atau melewati masa jatuh tempo…?  Ada dua alternative:

1.       Kita bisa sedikit tenang apabila pengembalian tersebut tidak terkait langsung dengan kebutuhan kita, itupun  apabila debitur adalah orang yang mungkin bisa anda percaya dengan baik.

2.       Kita segera mengambil langkah agar piutang tersebut dapat memiliki kepastian dalam pengembaliannya.

Disini kita akan membahas bagaimana apabila alternative dua yang terpaksa kita ambil……! Tentunya bukan hal yang mudah dan memerlukan teknik tertentu untuk mengambil langkah tersebut.

Begini caranya….

Sebagai hal Normatif bisa kita ambil langkah-langkah sebagai berikut :

1.       Lakukan Penagihan dan peringatan disertai sedikit ancaman,  maaf maksud saya ultimatum dengan halus dan jangan terlalu obyektif  dengan sanksi tertentu. Penagihan bisa berupa tulisan atau lisan, kami lebih merekomendasikan dengan cara dipanggil atau datang langsung kepada yang bersangkutan, karena itu adalah hal yang efektif kita lakukan.

2.       Sebagai orang yang bijaksana tentunya kita harus memahami dahulu latar belakang kenapa dia menunggak hutangnnya. Dengarkan dan pahami keluhannya, dan bila perlu kasih sedikit nasehat dan solusi, terpenting orang tersebut harus merasa dihargai dan diberi solusi.

3.       Hindari kata-kata kasar dan arogan dalam melakukan penagihan semisal ” Saya Tidak Mau Tahu…!” , “ Itu Urusan Anda, Bukan Urusan saya…!”, “ Saya Bisa membayar orang untuk urusan ini…!”, “ Anda Bisa Saya perkarakan…!”, Dan sebagainya yang dapat mengakibatkan orang yang kita tagih merasa sock… dan antipasti terhadap kita. Kalau ini urusan Bisnis atau usaha kita dalam memberinya hutang kepada dia… maka jangan harap dia akan kembali kepada kita walaupun dikemudian hari dia mampu melunasinya.

4.       Jangan kaku terhadap isi perjanjian…. Cari alternative yang sama-sama meringankan, semisal kita kasih kelonggaran waktu…, Bila perlu orang tersebut diberi alternative misalnya ada toleransi pengembaliannya secara mencicil, atau memperingan beban bunga atau jasa.

5.       Jangan Sekali-kali menceritakan atau memberitahu orang lain yang tidak berkepentingan atas hutang  debitur tersebut, karena akan merendahkan harga diri debitur tersebut, yang mengekibatkan debitur tersebut balik membenci kita, dan mempersulit pengembalian piutang kita.

6.       Apabila kita kesulitan dalam penagihan piutang kita…. Maka hindari agar orang lain untuk tidak ikut campur terlebih dahulu terhadap persoalan ini, misalnya kita menggunakan jasa tukang tagih bayaran…, jasa orang yang memediasi…, atau apalah namanya yang jelas ada keterlibatan orang lain. Apabila hal tersebut adalah sulit dihinadi maka melibatkan pihak lain merupakan alternative terakhir.

7.       Hindari  Raut muka dan perkataan yang mencerminkan  kita adalah orang yang sedang kesal, emosi, marah atau kecewa, Karena itu akan memancing  orang yang kita hadapi ikut dalam perasaan kita. Akhirnya  bukan piutang yang kita dapat selesaikan, akan tetapi kita akan menuai masalah lain selain piutang.

8.       Sabar dan telaten adalah kunci kesuksesan…. Jika itu diterapkan dalam hal penagihan… bukan hal yang tidak mungkin kita kan mendapatkan kesuksesan yang sama.

9.       Untuk melakukan usaha-usaha:

a.       Penyitaan barang Jaminan
b.      Diperkarakan kepada Urusan Hukum
c.       Mempergunakan pihak ketiga
d.      Melakukan Usaha-usaha  lain diluar pendekatan secara pribadi

Adalah langkah terakhir  apabila hal-hal yang kita upayakan secara santun tidak membuahkan hasil.

Dari rangkaian alternative diatas tentunya kita membuat sebuah kesimpulam, yaitu dalam mengupayakan  supaya piutang yang jatuh tempo dapat diselesaikan dengan baik adalah kuncinya dengan keuletan dan kesabaran.  Menempuh pendekatan dari hati-kehti  adalah cara terbaik dalam penyelesaian piutang. Dengan kekerasan bukan merupakan pemyelesaian masalah, akan tetapi dapat menuai masalah baru yang jauh lebih rumit dan beresiko.

Jiwa bijak…. Cara Santun…  Prilaku sopan… Adalah nilai tambah kita yang orang lain belum tentu memilikinya. Tambah kekayaan kita dengan  jadi orang baik.

Demikian artikel ini kami sajikan semoga bermanfaat.

Saran, Kritik dan pertanyyaan… tulis pada kolom Komentar… Insya Allah Dibalas…

Tulisan Asli Dibuat oleh: JAELANI  hanya untuk  : http://koperasiwapeska.blogspot.com

TELUSUR PENCARIAN

LIKE BOX

ASAL PENGUNJUNG


counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Download